Rahasia Perawatan Mobil Matik yang Jarang Diketahui

Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya – Harris Mobil membeberkan beberapa tips merawat mobil bertransmisi matik.

Banyak orang masih ragu memilih mobil bertransmisi matik sebagai mobil pilihannya karena mereka menganggap bahwa perawatan mobil matik lebih sulit dari mobil bertransmisi manual. Karena sulitnya hal tersebut, perwatan mobil matik juga dianggap agak sedikit lebih mahal. Namun jika pemilik mobil mengetahui fakta yang ada, perawatan mobil matik tidak sesulit yang dibayangkan. Pemilik hanya perlu menerapkan beberapa hal dibawah ini:

  1. Rutin mengganti oli transmisi

Pemilik mobil seharusnya mengganti oli transmisi saat kilometer sudah mencapai 5.000 sampai 8.000 dan atau saat mobil terendam banjir atau hujan deras. Jika oli tidak diganti di saat tersebut, maka pelumasan tidak akan bekerja dengan baik dan menimbulkan kerusakan komponen atau transmisi mobil untuk jangka panjangnya. Dalam hal ini, pengecekan untuk mengantisipasi kebocoran pada oli transmisi juga sangat diperlukan.

  1. Memperhatikan posisi persneling

Saat mengendarai mobil matik, patut diperhatikan penggunaan persneling. Hal itu dikarenakan akan berpengaruh pada komponen lain jika digunakan dengan tidak benar. Penggunaan posisi P pada pernseling saat memarkir, berada di lampu merah, atau memanaskan mesin harus dilakukan. Sebaliknya, saat pengemudi berkendara dan belum berhenti sebaiknya tidak pernah memindahkan persneling D ke posisi P.

  1. Memanaskan mesin dengan benar

Berbeda dengan mobil lain yang tidak begitu memerlukan pemanasan mesin, mesin mobil bertransmisi matik perlu dipanaskan secara rutin. Apalagi jika mobil akan digunakan untuk perjalanan jauh, mesin harus dipanaskan agar sistem pelumasan bekerja dengan maksimal. Posisi persneling pun juga harus dalam posisi P saat mesin mobil dipanaskan.

Selain semua tips diatas, pemilik harus rutin melakukan perawatan mobil matiknya di bengkel atau service center agar kerusakan-kerusakan kecil pada komponen transmisi dapat diatasi sedini mungkin dan diperbaiki sehingga tidak menjalar ke komponen lain.

Ingin tahu service center terbaik bagi mobil matikmu? Klik disini.

Social media :

Leave a Reply