Perhatikan Ini Saat Mengemudi di Cuaca Panas Terik

June 14, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Pengemudi diharuskan menyiapkan beberapa hal penting sebelum berkendara dibawah terik matahari yang menyengat.

Cuaca yang cerah memang waktu yang tepat untuk bepergian karena tempat-tempat dan jalanan akan menjadi indah karena pemandangan terlihat dengan sangat jelas. Namun cuaca terik yang terlalu menyengat bisa membuat berkendara menjadi tidak begitu nyaman. Kerusakan pada mobil saat berkendara akibat cuaca terlalu terik juga dimungkinkan bisa terjadi. Oleh karenanya, beberapa hal ini harus dilakukan agar pengemudi merasa siap saat mengemudi dibawah terik matahari:

  1. Jangan sampai merasa dehidrasi saat berkendara

Cuaca panas terik sering membuat pengemudi dehidrasi atau kekurangan cairan. Minum air yang cukup atau membawa air minum saat mengemudi adalah cara yang tepat agar terhindar dari dehidrasi saat berkendara.

  1. Menggunakan kaca film yang berkualitas

Penting untuk menangkal sinar UV kedalam mobil. Selain itu, menjaga cat interior mobil agar tidak cepat terkikis juga harus dilakukan saat cuaca terik. Maka dari itu, kaca film yang berkualitas harus digunakan mobil agar dapat menangkal sinar UV dengan baik.

  1. Menyingkirkan benda-benda menyilaukan diatas dashbor

Saat panas terik, silau matahari menerpa mata dan mengganggu pengelihatan pengemudi. Oleh karenanya, untuk tidak membuat cahaya tersebut semakin memantul ke mata, maka pengemudi sebaiknya tidak meletakkan benda-benda yang cepat memantulkan sinar, seperti kertas berwarna, plastik bening, cermin, atau uang logam.

  1. Memeriksa tekanan udara ban dan menjaga kondisinya agar tidak aus

Saat digunakan di cuaca terik, pastikan kondisi ban selalu prima dan tidak dalam keadaan  aus karena ini bisa mengganggu keseimbangan mobil saat digunakan berkendara. Selain itu, tekanan udara dalam ban mobil tidak boleh kelebihan atau kekurangan, yang berarti tekanan udaranya harus sesuai untuk menghindari ban meletus di tengah perjalanan.

  1. Tidak menyalakan AC mobil sesaat setelah memasuki mobil

Sangat disayangkan apabila menghidupkan AC mobil sesaat setelah menyalakan mobil. Hal itu akan menyebabkan AC mobil bekerja sangat ekstra untuk mendinginkan kabin. Solusinya adalah membuka kaca jendela mobil terlebih dahulu saat pertama kali masuk mobil. Setelah suhu sudah stabil, maka menutup kaca mobil dan menyalakan AC bisa dilakukan.

  1. Memeriksa radiator sebelum mengemudi

Karena cuaca yang terik, dikhawatirkan kerja radiator coolant semakin berat untuk mendinginkan mesin, maka perlu dilakukan pemeriksaan radiator coolant untuk memastikan bahwa pasokan radiator coolant tidak habis saat digunakan berkendara. Selain itu, memeriksa kondisi radiator apakah terdapat kebocoran atau tidak juga diperlukan.

Mengendarai mobil saat cuaca terik memang meiliki tantangan tersendiri, namun itu jadi lebih mudah jika menerapkan beberapa hal diatas. Kondisi tubuh yang prima juga wajib dimiliki oleh pengemudi agar senantiasa bisa fokus saat berkendara.

Social media :

Leave a Reply