Mobil Berbahan Bakar Diesel Bisa Awet Kalau Dirawat Seperti Ini

Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya – Cara merawat mobil diesel.

Beberapa pecinta otomotif lebih memilih mobil berbahan bakar diesel karena alasan kekuatan mesin dan biaya perawatan yang agak murah dari mobil lainnya. Karena alasan tersebut, pemilik mobil diesel biasanya mengabaikan perawatan untuk mobilnya. Hal tersebut tentu sangat beresiko terjadi kerusakan yang lebih besar pada komponennya. Oleh karenanya, beberapa hal dibawah ini harus dilakukan untuk menjaga mobil diesel tetap dalam kondisi prima:

  1. Menggunakan solar bersulfur rendah

Menggunakan solar yang berkualitas sangat dianjurkan untuk membuat mobil tetap dalam keadaan prima. Solar yang sangat bagus untuk mobil diesel adalah solar yang bersulfur rendah. Hal tersebut dikarenakan solar bersulfur rendah akan membuat tarikan mesin lebih ringan dan suara mesin menjadi lebih halus, dan asap yang keluar dari knalpot juga akan lebih sedikit dan lebih bersih.

  1. Membersihkan filter karburasi secara rutin

Sama seperti mobil jenis lainnya, filter karburasi pada mobil diesel pun harus rutin dibersihkan. Jika filter karburasi pada mobil kotor, akan memicu kerusakan pada komponen lain, seperti silinder, ring, maupun piston. Hal tersebut terjadi karena penumpukan kotoran dan debu yang berlebih membuat filter karburasi tersumbat dan kinerjanya pun menjadi lebih berat dan mengganggu komponen lain.

  1. Mengganti filter solar secara rutin

Selain membersihkan dan mengganti filter karburasi, filter solar juga harus dirawat dan diganti secara rutin. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk membuang kotoran dan air yang menghambat bahan bakar saat masuk kedalam pompa injeksi mesin. Selain itu, menjaga tangki bahan bakar agar tidak kosong juga wajib dilakukan.

  1. Mematikan mesin dengan benar

Mematikan mesin mobil diesel memiliki cara tersendiri, apalagi mesin diesel yang sudah menggunakan turbocharger. Mematikan mesin mobil harus dalam jangka waktu 3 menit setelah mobil benar-benar berhenti. Hal tersebut dianjurkan untuk memperpanjang umur spare part mobil.

Merawat mobil diesel bisa dilakukan dari penggunaan. Selain itu, pemakai harus memperhatikan setiap komponen di mobil. Bila perlu, membawa mobil diesel untuk servis di bengkel atau service center juga dapat menunjang kinerja mobil.

Social media :

Leave a Reply