Cara Mengkilapkan Mobil Agar Selalu Terlihat Seperti Baru

June 17, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya – Harris Mobil memberikan tips mengkilapkan bodi mobil.

Semua pemilik mobil selalu ingin mobil yang dikendarainya terlihat bagus, apalagi terlihat selalu seperti baru. Pemilik mobil pasti rela meluangkan waktu untuk membuat mobilnya nampak seperti yang diinginkan. Membuat mobil terlihat seperti baru juga bisa dilakukan dengan cara sederhana dengan menghindari hal-hal yang bisa membuat mobil kesayangan menjadi cepat kusam. Beberapa hal dibawah ini akan membantu untuk mengkilapkan mobil jika dilakukan dengan rutin dan benar.

  1. Mencuci mobil sesaat setelah kehujanan

Saat mobil terkena hujan, tak hanya air hujan yang menempel di bodi mobil. Cipratan lumpur dan aspal jalanan juga bisa menempel di bodi mobil. Air hujan dan kotoran yang menempel di bodi mobil membuat cat pada bodi mobil mudah terkikis. Maka sebaiknya pemilik mobil tidak membiarkannya terlalu lama di bodi mobil dengan mencuci mobil sesaat setelah kehujanan.

  1. Mencuci dengan sabun khusus mobil yang mengandung wax

Penting untuk diingat bahwa bodi mobil tidak bisa diberikan sabun cuci sembarangan, seperti sabun cuci piring. Sabun cuci piring dapat membuat cat pada mobil mobil mudah terkikis karena kandungan kimia dalam sabun cuci piring sangat keras untuk permukaan bodi mobil. Oleh kareannya, pemilik mobil harus menggunakan sabun khusus mobil. Sabun khusus mobil tersebut lebih baik adalah sabun yang mengandung wax karena wax dapat membuat permukaan bodi mobil terlihat mengkilap.

  1. Membiarkan mobil kering terlebih dahulu setelah dicuci

Kesalahan terbesar pemilik mobil setelah mencuci mobil adalah menutup mobilnya sesaat setelah dicuci dengan sarung atau penutup lainnya. Kesalahan tersebut bisa mengakibatkan terkikisnya cat pada bodi mobil karena mobil yang berada dalam kondisi lembap tidak mendapatkan udara yang cukup sehingga partikel air akan menempel di bodi mobil. Hal yang harus dilakukan adalah membiarkan mobilnya kering terlebih dahulu, dengan mengelap bodi mobil menggunakan kain lap tebal berbahan katun atau microfiber. Setelah itu, pemilik mobil bisa menutupnya.

  1. Mengusapkan compound pada bodi mobil

Saat memarkir atau berkendara, tekadang gesekan dengan kendaraan lain atau pagar dan tembok membuat bodi mobil menjadi tergores. Untuk menghilangkan goresan tersebut, pemilik mobil bisa mengusapkan compound di bodi mobil yang tergores setelah mencuci mobil dengan bersih. Namun pemakaian compound hanya bisa dilakukan 3 bulan sekali, bukan terus menerus digunakan karena justru akan merusak permukaan bodi mobil.

Pencegahan mobil untuk terlihat kusam juga sangat disarankan selain beberapa tips diatas. Dengan tidak membiarkan mobil berlama-lama diparkir dibawah sinar matahari secara langsung dan berhati-hati saat berkendara agar bodi mobil tidak tergores apapun adalah hal yang tepat untuk membuat mobil selalu tampak seperti baru.

Mengkilapkan mobil dengan bantuan mekanik profesional, klik disini.

Social media :

Leave a Reply