Komponen Mobil yang Harus Dirawat Setelah Digunakan Perjalanan Jauh

June 10, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Cek secara berkala bagian mobil ini setelah digunakan perjalanan jauh.

Setelah digunakan perjalanan jauh, performa mobil tentu akan terasa berbeda. Untuk mengembalikan performa mobil seperti sedia kala, Pemilik mobil biasanya akan melakukan perawatan. Mengingat pentingnya perawatan komponen mobil setelah digunakan perjalanan jauh, maka pemilik mobil juga harus mengetahui terlebih dahulu mengenai komponen mobil yang membutuhkan perawatan khusus setelah digunakan perjalanan jauh:

1. Ban

Selain memastikan baut roda tetap kencang, spooring dan balancing roda juga harus dilakukan. Spooring dan balancing adalah perawatan untuk menjaga empat ban tetap seimbang setelah aus digunakan di perjalanan jauh, apalagi di jalanan yang tidak rata dan berlubang.

2. Peranti pengereman

Jika dirasa setelah digunakan perjalanan jauh cengkraman remdepan, belakang, dan rem parkir tidak begitu kuat, maka itu adalah tanda dibutuhkannya perwatan khusus pada rem.
Pemilik mobil sebaiknya mengganti kanvas atau mintak rem. Itu dilakukan untuk menghindari rem dari keadaan blong saat digunakan mengemudi.

3. Oli dan filter

Setelah digunakan perjalanan jauh, oli dikhawatirkan berkurang dan kotor. Jika hal itu terjadi maka komponen lain akan terkena dampak buruknya yakni matinya mesin atau patah. Filterpun juga sebaiknya diganti jika dirasa sudah tidak sempurna menyaring partikel-partikel yang dapat tercampur ke oli sehingga mengganggu pelumasan komponen lain.

4. Cairan radiator
Cairan radiator yang berfungsi mendinginkan mesin akan bekerja sangat ekstra saat digunakan perjalanan jauh. Hal ini tentu mengakibatkan cairan coolant berkurang. Maka dari itu, perawatan yang sebaiknya dilakukan adalah menambah cairan coolant. Menambahnya dengan air putih biasa tidak begitu dianjurkan karena partikel yang dihasilkan dari air putih tersebut bisa merusak sel-sel radiator saat diguanakan perjalanan jauh selanjutnya.

5. Pelat kopling

Komponen lain yang tak kalah penting adalah pelat kopling. Pelat kopling biasanya aus jika digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu jika pemilik mobil mendapati mesin masih hidup saat pengemudi memasukan transmisi ke posisi gigi dua atau tiga dan lepas pedal kopling secara perlahan dan menginjak pedal gas dan rem secara bersamaan, maka dianjurkan untuk segera melakukan perbaikan pada pelat kopling tersebut.

6. Busi dan Saringan Udara

Busi memiliki fungsi untuk memantikan api listrik dalam proses pembakaran di ruang bakar mesin. Setelah digunakan perjalanan jauh dalam waktu yang lama secara terus menerus maka performa busi akan menurun. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik mobil adalah mengganti busi tersebut dengan yang baru.

Selain setelah perjalanan jauh, secara rutin pemilik mobil harus melakukan perawatan pada komponen mobilnya agar performa mobil tetap prima meskipun digunakan untuk berbagai perjalanan. Kebersihan mobil juga harus dijaga setelah perjalanan jauh, entah itu interior atau eksterior mobil. .

Ingin tahu tempat servis mobil terbaik, klik disini.

Social media :

Leave a Reply