Kesalahan dalam Mencuci Mobil Ini Jarang Disadari

June 3, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Tehnik mencuci mobil yang benar harus diterapkan agar mobil selalu terlihat seperti baru.

Mencuci mobil adalah rutinitas yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil. Selain untuk menjaga penampilan mobil, mencuci mobil bertujuan untuk menghindari kotoran yang terus-terusan menempel pada permukaan komponen mobil yang dapat menyebabkan terkikisnya komponen tersebut. Namun faktanya, saat mencuci mobil, bnyak dari pemilik mobil mencuci dengan cara yang tidak benar. Ada bagian yang seharusnya dicuci tapi tidak dicuci, dan ada bagian yang seharusnya tidak dicuci malah bagian tersebut dicuci. Kesalahan lain juga banyak dilakukan pemilik mobil saat mencuci mobilnya sendiri, seperti beberapa hal dibawah ini:

  1. Mencuci dibawah paparan panas matahari langsung

Mencuci dibawah terik matahari sangat tidak dianjurkan. Yang berbahaya adalah jika saat membilas dengan sabun, air campuran sabun akan segera kering jika terkena sinar matahari. Hal itu tentu membuat sabun dan kotoran menempel di permukaan mobil. Akhirnya, sabun dan kotoran akan membuat kerak di permukaan mobil. Maka, sebaiknya cucilah mobil dibawah tempat yang teduh.

  1. Tidak menggunakan sabun khusus mobil

Menggunakan sabun cuci baju atau cuci piring sangat tidak dianjurkan karena bahan kimia yang terdapat dalam sabun tersebut sangat keras. Hal itu akan menyebabkan kerak pada permukaan mobil. Oleh sebab itu, menggunakan sabun khusus mobil yang juga mengandung wax lebih dianjurkan.

  1. Mencuci hanya dengan air satu ember

Jika air yang digunakan sangat sedikit, apalagi hanya satu ember, maka air untuk membilas spons akan bercampur dengan air yang akan digunakan menyiram permukaan mobil. Akibatnya, kotoran dari spons akan menempel di permukaan. Maka sebaiknya mencuci dengan beberapa ember yang terdiri dari air untuk membilas permukaan mobil saat dicampur dengan sabun, air untuk membersihkan ban dan velg yang dicampur dengan sabun, air untuk membilas spons, dan air untuk membilas permukaan mobil tanpa campuran sabun. Lebih disarankan juga untuk menggunakan air mengalir

  1. Mencuci dari bawah ke atas

Bagian mobil yang paling kotor biasanya terdapat di bagian bawah dan bagian paling atas biasanya tidak begitu kotor. Namun kesalahan yang sering terjadi adalah pemilik mobil mencuci dari bagian bawah ke atas yang artinya kotoran dari bawah dibawa keatas. Sebaiknya hal itu dihindari dengan memulai mencuci dari atas ke bawah karena kotoran dari atas tidak sebanyak yang dibagian bawah. Bagian dalam mobil seperti karpet dan dashboard mobil juga tidak boleh dilupakan untuk dibersihkan.

Beberapa hal diatas adalah poin penting yang harus diperhatikan saat mencuci mobil. Memang terkesan remeh, namun jika kesalahan terus diterapkan saat mencuci mobil, hal itu akan merusak tampilan mobil dan membuat mobil kelihatan tidak terawat. Selain itu, jika tidak begitu memahami cara mencuci mobil yang baik, sangat dianjurkan untuk mencuci mobil di tempat mencuci yang terpercaya.

Social media :

Leave a Reply