Kenali Waktu Penggantian Busi Mobil dengan Tepat

July 24, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya – Tanda-tanda busi mobil harus diganti.

Saat menservis mobil di bengkel atau service center, mekanik biasanya menyarankan pemilik mobil untuk mengganti businya karena alasan kilometer yang sudah mencapai batas. Penggantian busi mobil saat sudah mencapai kilometer tertentu memang sangat dianjurkan untuk mencegah terjadi kerusakan di tengah jalan. Namun Harris Mobil telah menemukan fakta bahwa ada hal lain yang dapat menjadi penanda bahwa busi mobil perlu diganti.

  1. Tarikan mesin terasa berat

Jika pengendara mobil telah merasakan tarikan mesinnya berat saat dinyalakan, maka itu adalah pertanda bahwa busi sudah tidak begitu optimal dalam proses pembakaran didalam mesin. Hal tersebut mengindikasikan bahwa busi harus diganti dengan yang baru.

  1. Mesin sering mati secara tiba-tiba

Selain tarikan mesin yang semakin terasa berat, mesin yang tiba-tiba mati saat dihidupkan juga merupakan tanda-tanda bahwa busi mobil harus diganti. Mesin yang secara tiba-tiba mati disebabkan karena busi mendadak tidak dapat mengeluarkan api untuk proses pembakaran dalam mesin.

  1. Mobil terasa tersendat-sendat saat dikendarai

Saat didalam kabin, pemilik mobil yang merasakan mobilnya bergetar dengan tidak wajar juga menjadi tanda-tanda bahwa businya harus diganti. Proses atau setting pengapian yang tidak tepat akan meyebabkan mobil menjadi tersendat-sendat.

  1. Akselerasi terhambat

Saat dijalankan, akselerasi mobil menjadi tidak maksimal. Akselerasi menjadi terhambat karena mobil kekurangan tenaga akibat kinerja busi yang tidak maksimal. Dalam situasi seperti ini, pemilik mobil pun tidak bisa memaksakan akselerasi maksimal karena akan beresiko mogok di jalan. Solusinya adalah mengganti busi lama dengan yang baru.

  1. Busi meleleh

Tanda-tanda fisik pada busi juga bisa dilihat. Ketika pemilik mobil membuka busi dan menemukannya dalam keadaan gosong dan meleleh, maka itu sudah menjadi tanda yang sangat paten bahwa busi mengalami overheat dan perlu diganti. Selain itu, kerak pada ujung busi juga menjadi pertanda bahwa busi harus diganti.

Selain hal-hal diatas, pemilik mobil wajib memeriksakan kondisi mobilnya secara rutin di bengkel atau service center kepercayaan untuk memeriksa dengan akurat apakah kondisi busi telah melemah dalam proses pengapian, sehingga penggantian dapat dilakukan dengan tepat.

Social media :

Leave a Reply