Kenali Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

June 27, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Kenali penyebab melemahnya daya cengkram rem mobilmu.

Saat berkendara, pengemudi biasa dihadapkan dengan situasi mendadak. Rem pun menjadi senjata pertama untuk menahan atau menghindarkan kendaraan dari situasi tersebut agar tidak menyebabkan situasi tambah fatal. Selain digunakan untuk menghindari keadaan mendadak atau berbahaya di jalan, rem juga dapat mengontrol cara berkendara sesorang. Pentingnya rem tersebut memaksa pengendara harus memperhatikan performanya. Jika pengendara mengalami permasalahan pada rem yang kurang pakem, mungkin satu atau beberap hal dibawah ini penyebabnya.

  1. Kampas rem sudah aus

Kampas rem adalah komponen penting dalam piranti pengereman. Kampas rem merupakan media gesek yang digunakan untuk menahan atau mengurangi laju kendaraan. Namun jika ketebalan kampas rem sudah habis atau berkurang, maka daya cengkram rem juga akan berkurang.

  1. Minyak rem sudah habis

Minyak rem juga tak kalah penting dengan kampas rem. Minyak rem berfungsi melancarkan atau menyalurkan tenaga dari master silinder menuju ke rem tromol atau rem cakram. Jika minyak sudah habis atau hamper habis dan berada dibawah batas “low” maka rem mobil pasti tidak dapat bekerja dengan baik.

  1. Master silinder dan silinder roda pada rem rusak

Master silinder yang menjadi tempat bagi minyak rem tak boleh dibiarkan sampai rusak. Jika master silinder rusak, maka minyak tak akan bisa ditekan sampai ke rem tromol atau rem cakram.

Selain itu, peranti pegereman yang tak boleh dibiarkan rusak adalah silinder roda yang terdapat dalam rem tromol dan berfungsi sebagai penerima minyak rem. Apabila terdapat goresan atau kebocoran pada siliner roda, kinerja siliner roda tidak akan begitu prima dalam menahan laju kendaraan.

  1. Pipa penyalur minyak rem rusak

Dalam menyalurkan minyak rem, peranti pengereman lain seperti pipa penyalur minyak rem juga harus diperhatikan agar tidak sampai rusak. Jika rusak dan mengalami kebocoran, minyak tak akan sampai di silinder roda dan menjadikan daya cengkram rem akan habis.

  1. Sistem hidrolik rem kotor

Kotoran yang terdapat dalam saluran hidrolik rem akan menghambat penyaluran minyak rem ke rem tromol atau rem cakram. Bahkan jika dalam sistem terdapat udara, maka udara tersebut akan menghambat saluran rem dan pengemudi dimungkinkan akan menginjak pedal rem berkali-kali karena injakan satu kali pada kopling tak akan berdampak pada daya cengkram rem yang maksimal.

Setelah mengetahui penyebab tersebut, pemilik mobil tentu membutuhkan bantuan mekanik handal dan alat yang memadai untuk membuat rem mobil kembali menjadi pakem kembali. Keselamatan pengemudi pun akan terjaga saat berkendara.

Social media :

Leave a Reply