Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Ban Mobil?

February 19, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Banyak pemilik kendaraan tidak sadar kondisi ban yang sebenarnya sudah harus diganti, akibatnya ban pecah saat mobil berjalan dan akan mengganggu aktivitas berkendara Sobat HM. Penting diketahui setiap ban memiliki Tread Wear Indicator (TWI) yang berbentuk segitiga dan terdapat pada sisi samping ban (Side Wall).

Nah, TWI ini merupakan indikator tingkat keausan ban dan bisa juga menjadi tolak ukur untuk mengganti ban. Jadi, pada saat tapak ban sudah melewati indikator tersebut, terlihat garis melintang antara tapak ban yang berarti ban tersebut sudah tidak layak lagi untuk digunakan.

Ban yang botak sangat mempengaruhi pengendalian dan jarak pengereman. Sobat HM juga harus memperhatikan fisik ban, antara lain melalui tanda – tanda di bawah ini menurut Harris Mobil Service Center :

1. Karet ban pecah – pecah

Biasanya terdapat pada sisi samping ban, Kalau Sobat HM sudah melihat ban mobil dalam kondisi tersebut jangan sampai menunda untuk mengganti ban karena berpotensi pecah. Bahaya bukan! Apalagi ketika mobil dalam kecepatan tinggi.

2. Benjolan Pada Ban

Sebaiknya segera ganti ban yang benjol dengan ban baru, karena berpotensi untuk terjadi pecah ban. Benjolan ban biasa terasa sampai ke kabin penumpang. Mobil terasa tidak berjalan mulus.

3. Banyak terdapat tambalan

Banyak tambal disana – sini akan berpotensi bocor seketika. Sebaiknya sobat HM jangan menggunakan ban yang terdapat banyak tambalan dalam waktu lama. Sebelum terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, segera cek dan ganti ban di Harris Mobil Service Center Jl. Raya Kendangsari No. 21 Surabaya

Proses Sebelum Mobil Bekas di Harris Mobil di Jual ke Customer | Service Senter Harris Mobil

Social media :

Category:

Leave a Reply