Kaki-Kaki Mobil Bermasalah? Kenali Penyebabnya!

July 3, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya – Penyebab kaki-kaki mobil bermasalah.

Saat berkendara, pengemudi bisa saja menemui suara aneh yang tiba-tiba terdengar dari kolong mobil dan merasa setir mobilnya tidak membuat pengendara mengemudikan mobilnya dengan nyaman dan aman. Beberapa hal tersebut harus diwaspadai jika ditemukan saat berkendara. Kaki-kaki mobil yang bermasalah bisa jadi penyebabnya. Namun, masih banyak orang awam yang tidak begitu mengetahui penyebab pasti pada permasalahan kaki-kaki mobil tersebut. Padahal permasalahan tersebut bisa diminimalisir dengan mengetahui penyebabnya sedini mungkin.

  1. Mengemudi dalam kecepatan tinggi di jalan yang rusak dan tidak rata

Permasalahan yang paling sering berimbas pada kaki-kaki mobil disebabkan oleh pengemudi itu sendiri. Jika pengemudi terbiasa mengemudikan mobilnya dengan kecepatan tinggi di jalan yang berlubang dan tidak rata maka ball joint akan cepat rusak.

Ball joint adalah komponen dalam kaki-kaki mobil yang bertugas menjadi sumbu roda saat hendak berbelok dan mengubungkan knuckle roda dengan sayap. Ball joint yang bermasalah akan menimbulkan suara-suara saat mobil melewati jalan yang rusak atau berlubang.

  1. Terlalu banyak beban dalam mobil

Jika membawa banyak beban dalam mobil, seperti penumpang dan barang-barang yang melebihi batas tentu tak hanya akan merusak ban mobil saja. Kaki-kaki mobil juga terkena dampak buruknya.

Saat mobil membawa banyak beban, shockbreaker yang bertugas membantu pegas menopang beban mobil akan sangat kesulitan sehingga daya tahan shockbreaker pun akan berkurang. Mobil pun akan terasa limbung meskipun dikendarai di jalan yang lurus.

  1. Bushing arm dan bushing stabilizer rusak

Bushing arm dan bushing stabilizer adalah komponen yang berfungsi menjadi titik tumpu roda dengan lengan pencengkramannya. Suara berisik dan berdecit dari kolong mobil, suara gemuruh saat mobil di rem, ketidakstabilan laju mobil, melencengnya mobil ke arah kanan dan kiri, serta semakin terasa berat pada mobil akan terjadi apabila bushing arm dan bushing stabilizer rusak.

  1. Bearing rusak

Tak hanya bushing arm dan bushing stabilizer saja yang harus diperhatikan. Bearing pun harus diperhatikan karena menjadi komponen penting dalam kaki-kaki mobil. Bearing sendiri berfungsi sebagai bantalan pada roda yang mempunyai andil besar pada kestabilan laju kendaraan. Suara-suara mendung akan muncul di bagian roda dan putaran roda akan bergetar dan bergemuruh apabila bearing rusak.

  1. Tie road bermasalah

Tie road yang bermasalah juga menjadi penyebab kaki-kaki mobil tidak begitu nyaman.

Hal itu dikarenakan fungsi tie road adalah menghubungkan setir dengan roda mobil. Jika komponen ini rusak maka kerja setir juga akan terganggu dan membuat mobil oleng ke berbagai arah serta bunyi-bunyi mengganggu saat mobil berbelok juga akan keluar.

Sebelum menemui permasalahan yang membuat berkendara menjadi tidak nyaman, pengemudi sebaiknya rutin memeriksa kaki-kaki mobil. Selain itu, jika sudah menemui kendala dalam kerja setir, pengemudi bisa melakukan spooring balancing terhadap mobil kesayangannya.

Tempat spooring balancing terpercaya ada disini.

Social media :

Leave a Reply