Jangan Dibiasakan Memarkir Mobil Terlalu Lama dibawah Terik Matahari Langsung

June 13, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Dampak negatif yang memungkinkan terjadi jika memarkir mobil terlalu lama dibawah terik matahari langsung.

Di saat musim kemarau, suhu udara semakin naik dan imbasnya akan dirasakan manusia. Tidak hanya tubuh manusia yang terkena dampaknya, kendaraan pribadi seperti mobil juga bisa terkena imbasnya. Imbas yang paling sering terjadi adalah saat mobil harus diparkir di ruang terbuka karena mobil harus terpapar panas matahari secara langsung. Beberapa hal dibawah ini adalah bagian mobil yang terkena dampak jika terlalu lama memarkir dibawah terik matahari langsung.

  1. Eksterior

Eksterior mobil adalah yang pertama kali terkena paparan sinar matahari. Cat yang menempel diatas bodi mobil akan mudah terkikis jika terkena paparan sinar matahari langsung yang sangat menyengat. Ini tentu akan membuat mobil cepat kusam dan tidak terlihat seperti mobil baru.

  1. Interior

Dikarenakan suhu kabin yang tinggi, interior mobil ikut merasakan dampaknya. Efek tersebut berupa terkikisnya cat pada interior mobil, termasuk dashbor mobil. Solusi pencegahannya adalah dengan menggunakan kaca film yang sangat berkualitas untuk menangkal sinar ultraviolet masuk melalui kaca mobil.

  1. AC

Saat cuaca diluar mobil sedang tinggi, kabin mobilpun juga ikut bersuhu tinggi. Kebiasaan para pengemudi adalah menyalakan AC mobil seketika saat masuk mobil untuk mendinginkan kabin. Namun ternyata hal ini justru membuat AC mobil akan cepat rusak karena harus bekerja sangat ekstra untuk mendinginkan kabin.

  1. Bilah Wiper

Bilah atau karet wiper dapat mengeras jika diparkir dibawah terik matahari secara langsung. Jika bilah yang mengeras harus bersentuhan dengan kaca mobil yang juga panas, maka kaca mobil akan tergores. Apalagi jika ditambah dengan keadaan tempat parkir yang berdebu, maka kotoran akan menempel di celah-celah bilah dan akan menggores kaca mobil saat wiper bekerja.

Pemilik mobil sering tidak menyadari beberapa hal yang akan terjadi jika terlalu sering dan lama memarkir mobilnya dibawah terik matahari, maka dari itu pemilik mobil diharuskan memarkir mobilnya di tempat yang teduh.

Social media :

Leave a Reply