Ingin Pelek Tetap Mengkilap? Begini Caranya

July 19, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya – Cara merawat pelek mobil agar selalu terlihat seperti baru.

Tak kalah penting dengan ban, pelek juga memerlukan perhatian khusus dari pemilik mobil. Hal itu dikarenakan pelek bersama dengan ban berfungsi untuk mengendalikan arah gerak dari mobil. Pelek yang dirawat dan dibersihkan secara rutin akan mengoptimalkan kinerja komponen lain serta dapat memperpanjang umur pelek tersebut. Pemilik mobil hanya perlu melakukan beberapa hal dibawah ini untuk merawat dan menjaga kebersihan dari pelek mobilnya.

  1. Mencuci dengan sabun khusus pembersih pelek

Sama seperti bodi mobil, pelek juga harus diperlakukan sama. Penggunaan sabun khusus pelek akan bekerja dengan sangat optimal untuk membersihkan setiap kotoran dan kerak yang menempel. Sebaliknya, sabun cuci piring atau sabun jenis lainnya akan merusak permukaan pelek. Penggunaan cairan pelapis juga bisa dioleskan untuk menambah kilap pelek.

  1. Membersihkan sampai ke celah-celah

Karena pelek terkadang memiliki banyak celah dan baut, sehingga jarak antara tiap celah dan baut sangat sempit. Maka alat yang digunakan untuk memebersihkannya harus dalam ukuran yang kecil agar dapat menjangkau seluruh bagian. Sikat gigi yang berbulu halus disinyalir dapat bekerja dengan optimal membersihkan sampai ke celah-celah sempit di pelek.

  1. Menggunakan microfiber saat mengelap

Agar tidak terjadi baret pada permukaan pelek, usapan halus dan lembut sangat diperlukan. Oleh karenanya, pemilik mobil sangat dilarang untuk menggunakan kain lap selain microfiber karena akan merusak permukaan pelek dan membuatnya timbul baret-baret.

  1. Tidak mencuci pelek dalam kondisi panas

Cuaca panas atau kondisi pelek yang masih panas sangat tidak dianjurkan untuk dicuci karena kondisi tersebut akan menimbulkan penguapan yang berlebih. Dampak dari penguapan tersebut adalah tumbuhnya jamur di permukaan pelek. Selain itu, potensi karat juga akan terjadi jika hal tersebut dilakukan terus menerus.

  1. Menghindari jalanan rusak

Tak hanya soal menjaga kebersihan, cara mengemudi juga harus diperhatikan untuk menjaga pelek tetap awet. Sering mengemudi dalam laju yang sangat cepat di jalanan rusak, berlubang, atau tidak rata membuat goncangan ekstrem terjadi di pelek. Pelek pun akan mudah penyok dan rusak.

Membersihkan pelek sangat diperlukan kerutinan agar hasilnya maksimal. Pemilik mobil juga sebaiknya mencopot bagian-bagian pelek untuk membersihkan sampai ke sela-sela. Selain itu, penggunaan sabun atau cairan lain juga disesuaikan dengan jenisnya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Social media :

Leave a Reply