Cermati Tanda-Tanda Mobilmu Butuh Tune Up

June 28, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Waktu yang tepat untuk tune up mobil.

Saat mobil terasa tidak begitu nyaman dalam performanya untuk dikendarai, biasanya pemilik mobil mengabaikan hal tersebut. Padahal pemilik mobil seharusnya melakukan perawatan, seperti tune up mobil. Tune up adalah servis mobil ringan yang dilakukan secara rutin dan bertujuan untuk memaksimalkan performa mesin mobil, menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah, dan memastikan semua komponen mobil dalam kondisi baik. Oleh karenanya, penting bagi pemilik mobil mengetahui jadwal tune up mobilnya.

  1. Mencapai 5.000 KM setelah dilakukan servis

Setelah mobil diservis, bengkel atau service center akan meminta pemiliknya untuk kembali menservis mobilnya. Namun sebelum dilakukan servis pada mobil, tune up perlu dilakukan jika jarak tempuh telah mencapai 5.000 KM setelah servis pertama.

  1. Suara mesin kasar dan bergetar

Saat mesin dihidupkan, suara mesin yang kasar menjadi tanda-tanda bahwa mobil butuh di tune up. Mesin yang menjadi kasar bisa disebabkan karena oli mesin kurang, V belt sudah rusak, kotor atau kering, atau pembakaran pada piston tidak tepat.

  1. Sulit menghidupkan mesin mobil

Sulit menghidupkan mesin mobil biasanya disebabkan oleh busi yang aus, dinamo yang sudah rusak, aliran bahan bakar yang tak lancar, dan koil terlalu panas. Jika hal-hal tersebut menyebabkan mesin mobil sulit dihidupkan maka beberapa komponen tersebut harus dilakukan tune up untuk mengurangi terjadinya kerusakan yang lebih parah.

  1. Tarikan mesin lambat

Kampas kopling menipis, bearing roda yang terlalu seret, turbo vane macet, dan sistem transmisi yang bermasalah adalah beberapa penyebab tarikan mesin pada mobil melambat. Hal ini tentu menghambat kenyamanan berkendara. Maka pemilik mobil diharuskan mengganti komponen-komponen yang bermasalah dengan melakukan tune up.

Jika pemilik mobil merasakan atau mengetahui tanda-tanda diatas terjadi pada mobilnya, maka sebaiknya pemilik mobil benar-benar melakukan tune up agar tidak merusak komponen lainnya karena kerusakan komponen tertentu. Selain itu, rutin melakukan tune up dapat mencegah mobil boros bahan bakar karena dapat mengurangi kinerja mesin mobil akibat salah stau atau beberapa komponen yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Social media :

Leave a Reply