Catat, Ini Kiat Mudik dengan Anak Agar Menyenangkan

May 27, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Membawa anak dalam perjalanan mudik menjadi menyenangkan bila menerapkan beberapa tips ini.

Berkumpul bersama keluarga adalah salah satu tradisi yang tidak bisa dihilangkan saat Hari Raya atau Lebaran. Dikarenakan saat momen tersebut, semua orang bersilaturrahim ke sanak saudara dan teman karib yang sebelumnya sangat sulit untuk ditemui karena kesibukan masing-masing. Lebaran yang biasanya bertepatan dengan libur panjang di Indonesia tentu tidak akan dilewatkan begitu saja.

Dengan membawa anak, istri, dan keluarga, orang-orang rela melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman dari tanah perantauan hanya untuk bisa merayakan lebaran bersama keluarga besar tercinta. Namun, sebagian dari mereka beranggapan membawa anak saat perjalanan mudik merupakan hal yang tidak begitu menyenangkan meskipun dengan menggunakan mobil sekalipun, apalagi jika anak masih balita. Oleh karenanya, Harris Mobil membeberkan kiat-kiat membawa anak saat mudik dengan mobil agar tetap nyaman dan aman.

  1. Mengatur jadwal keberangkatan yang tepat

Jadwal keberangkatan sangat berpengaruh pada emosi anak karena jika anak mengantuk, hal itu akan merepotkan pengendara. Oleh sebab itu, pemudik sebaiknya berangkat mudik di pagi buta dan si anak diharuskan untuk tidur nyenyak di malam hari sebelumnya agar tidak mengganggu fokus pengendara dalam perjalanan saat mengemudi.

  1. Membawa makanan, obat-obatan, dan mainan

Anak tidak bisa mengontrol emosi saat merasa jenuh. Mereka bisa melakukan apapun untuk menghilangkan kejenuhan, bahkan hal berbahaya sekalipun. Oleh karena itu, orang tua dianjurkan membawa mainan dan makanan favoritnya agar rasa bosan si anak teralihkan. Selain itu, antisipasi di saat anak merasa tidak begitu sehat, orang tua juga diharuskan membawa obat-obatan.

  1. Update Lalu Lintas

Sebelum berangkat, selain menyiapkan perlengkapan anak dan membawa barang atau mainan favvoritnya, pemudik dianjurkan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai  lalu lintas yang akan dilewati. Jika dirasa akan terjebak macet di jalan yang biasa dilewati, sebaiknya pemudik mencari alternatif jalan lain agar perjalanan mudik tidak memakan waktu yang lama.

  1. Meletakkan anak di kursi bagian tengah dalam mobil

Tidak begitu dianjurkan meletakkan anak di kursi bagian depan mobil, persis disamping pengendara saat perjalanan jauh. Anak bisa saja menarik atau mendorong gigi, pedal, maupun setir mobil dan mengganggu fokus pengendara. Hal itu bisa terjadi saat anak merasa bosan dan ingin mendapatkan perhatian. Maka dari itu, sebaiknya meletakkan anak di kursi kedua untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan, jika si anak masih berusia kurang dari dua tahun, lebih baik menggunakan carseat agar nyaman dan aman dan tidak dikhawatirkanakan terjatuh.

  1. Memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima

Mobil sangat dikhawatirkan mengalami penurunan kualitas saat digunakan untuk perjalanan jauh. Apalagi jika sering digunakan diatas jalan yang tidak rata dan berlubang. Jika hal itu dibiarkan terjadi maka akan membahayakan nyawa keluarga dan orang lain. Untuk itu, mobil sebaiknya dilakukan servis terlebih dahulu di service center terpercaya sebelum berangkat agar kondisi mobil tetap prima saat digunakan untuk mudik lebaran.

 

Kelima tips diatas patut diterapkan oleh pemudik yang membawa anak saat mudik lebaran dengan mobil. Selain itu, jika hal-hal diatas diterpakan dengan baik, pengendara tidak akan merasakan kelelahan saat mudik. Maka, niata berkumpul dan silaturrahim dengan keluarga di kampung halaman jadi lebih berkesan.

Social media :

Leave a Reply