Cara Ini Bisa Memastikan Kalau Odometer Mobilmu Tidak Pernah Diubah

June 20, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya – Tips melihat keaslian odometer.

Odometer adalah alat untuk menunjukkan jarak tempuh kendaraan. Jarak tempuh yang ditunjukkan sangat berhubungan dengan waktu mengganti atau memperbaiki komponen tertentu dari mobil. Faktanya, pembeli mobil bekas akan mempertimbangkan untuk membeli mobil dengan kilometer rendah karena tidak menghabiskan banyak pengeluaran untuk perawatan atau penggantian komponen mobil tertentu saat baru saja dibeli. Dikarenakan pertimbangan tersebut, para penjual mobil bekas banyak yang melakukan praktik kecurangan dengan mengubah kilometer pada odometer kedalam kilometer yang sangat rendah. Oleh karenanya, dibutuhkan ketelitian memeriksa beberapa hal dibawah ini untuk memastikan bahwa odometer tidak diubah.

  1. Kondisi fisik mobil

Melihat kondisi interior adalah hal yang harus dilakukan terlebih dahulu karena interior yang tampak yang kusam dan pecah-pecah biasanya disebabkan usia mobil yang memang sudah tua. Apalagi jika kondisi mesin berkerak dan suaranya terdengar kasar serta komponen kaki-kaki sudah aus atau pecah pada bagian bushingboot,dan link stabilizer.

Memang selain usia, ada hal lain yang mungkin menjadi penyebab interior mobil tampak kusam dan pecah-pecah. Bahkan, mobil bekas biasanya sudah disalon terlebih dahulu sebelum dijual sehingga mobil tampak seperti baru secara tampilan. Namun poin penting ini tidak boleh dilewatkan untuk diperiksa sebelum membeli dan sebelum memeriksa bagian lain dari mobil.

  1. Dokumen mobil

Dalam dokumen mobil, pasti akan tertera tahun pembuatan mobil tersebut. Dari tahun pembuatan tersebut, dapat diketahui apakah kilometer yang tertera di odometer masuk akal atau tidak karena biasanya kilometer mobil akan bertambah 10.000 sampai 20.000 per tahun. Oleh karenanya, calon pembeli mobil bekas patut waspada jika kilometer mobil masih rendah sedangkan tahun mobil terbilang cukup tua. Namun sekali lagi, mobil yang tidak begitu digunakan bisa jadi memiliki kilometer yang sangat rendah.

  1. Ban mobil

Saat memeriksa ban mobil, hal yang harus dilakukan adalah mencocokkan tahun pembuatan mobil dengan tahun ban. Ban mobil yang sudah tidak orisinil sedangkan kilometer masih rendah harus dipertanyakan karena biasanya mobil akan diganti jika sudah mencapai 30.000 sampai 35.000 kilometer. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada sebab lain mengapa mobil sudah tidak orisinil sedangkan odometer masih rendah.

  1. Catatan servis mobil

Dengan melihat catatan servis mobil, calon pembeli akan mengetahui berapa kilometer yang asli jika kilometer dalam odometer dipalsukan. Namun cara ini juga dirasa belum efektif karena terkadang pemilik mobil menserviskan mobilnya di garasi amatir tanpa catatan servis sehingga angka dalam catatan servis tidak selalu sesuai dengan kilometer mobil yang sesunnguhnya.

Semua hal diatas sebenarnya bukan hal paten untuk memastikan bahwa odometer masih asli dan bukan putaran tetapi tidak ada salahnya jika calon pembeli mengamati hal-hal tersebut pada mobil incaran. Justru sebenarnya, cara paling tidak beresiko membeli mobil bekas adalah dengan membelinya di dealer atau showroom terpercaya. Meskipun mungkin harga yang ditawarkan lebih tinggi dari biasanya, membeli di showroom terpercaya tidak akan meninggalkan trauma pada pembeli karena mobil bekas yang dijual adalah mobil yang berkualitas dengan memiliki banyak fitur dan benefit bagi konsumen.

Ingin tahu rekomendasi showroom mobil bekas terpercaya? klik disini.

 

Social media :

Leave a Reply