Bisa Berakibat Fatal Jika Tidak Memperhatikan Posisi yang Benar Saat Mengemudi

May 31, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Berikut beberapa tips dalam mengemudi agar tidak berakibat buruk bagi kesehatan.

Angka kecelakaan tiap hari semakin meningkat. Hal itu disebabkan oleh tidak begitu perhatiannya pengemudi terhadap keamanan berkendara. Terkadang, pengemudi hanya berpikir soal kenyamanan. Padahal akan banyak resiko yang terjadi jika mengabaikan keamanan. Kemungkinan salah urat, kelelahan, keseleo, bahkan tabrakan bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, pengemudi harus mengetahui tehnik mengemudi dengan aman dan nyaman dengan memperhatikan beberapa posisi dibawah ini:

  1. Tangan

Hal yang paling awal dilakukan adalah memposisikan tangan, termasuk jempol dibagian paling luar dari lingkar kemudi. Posisi yang harus dihindari saat mengemudi adalah mengemudi dengan satu tangan, memposisikan tangan dibawah setir, posisi dua tangan ada di tempat yang sama diatas setir.

Untuk mobil kecil seperti sedan, kata dia posisi tangan harus mengikuti arah jarum jam 10 (untuk tangan kiri) dan 2 (untuk tangan kanan). Sedangkan mobil yang lebih besar sejenis mini bus, tangan dapat di posisikan ke arah pukul 9 (untuk tangan kiri) dan 3 (untuk tangan kanan). Namun, posisi 9 dan 3 saat ini lebih disarankan karena mobil saat ini biasanya dilengkapi pengait tangan pada posisi jarum jam tersebut.

  1. Duduk

Posisi bahu, pinggang, dan pinggang harus menempel merata dengan sandaran agar nyaman dan lingkar kemudi  tidak terlalu dekat dengan perut dan dada. Jika telah nyaman, posisikan ujung atas telinga sejajar dengan headrest dengan mengatur ketinggian headrest dengan pas. Seatbelt juga harus pas dengan tubuh, tidak terlalu tinggi atau rendah karena bisa melukai leher atau mengganggu pergerakan tangan. Setelah itu, pastikan kaca spion bisa maksimal melihat bagian ujung belakang mobil (ujung bagasi atau pinggul mobil).

  1. Kaki

Agar nyaman saat menginjak pedal, posisi kaki harus membentuk 110 derajat saat duduk. Namun posisikan kursi senyaman mungkin terlebih dahulu. Pada mobil manual, usahakan kaki kiri berada di footrest, tidak menempel di pedal kopling. Sedangkan pada mobil matik, kaki kiri harus sepenuhnya berada di footrest, hanya kaki kanan yang bekerja untuk menekan pedal rem dan gas.

Selain beberapa hal diatas, masih banyak hal yang harus disiapkan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas namun jika dari diri kita sudah menerapkan cara yang nyaman dan aman saat mengemudi, itu berarti kita juga menolong diri kita dan orang lain dari kecelakaan lalu lintas.

Social media :

Leave a Reply