Begini Cara Merawat Mobil Manual

Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya – Cara mudah merawat mobil manual.

Mobil bertransmisi manual masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Lajunya yang lebih cepat, harga jual dan biaya perawatan yang lebih murah, serta penggunaan bahan bakar yang lebih hemat menjadi alasan yang dominan bagi banyak orang untuk memilih mobil manual. Namun ketangguhan mobil manual yang sangat terkenal juga harus diimbangi dengan perawatan yang mumpuni dari pemakai. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga mobil manual tetap dalam keadaan prima.

  1. Mengganti oli transmisi secara teratur

Mengganti oli secara teratur sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan kinerja mesin. Biasanya penggantian oli dilakukan setelah menempuh 3.000 sampai 5.000 KM. Penggantian tersebut sangat berguna untuk mengurangi friksi di sekitar transmisi mobil sehingga pengoperasian gigi pun akan terasa halus dan mudah untuk dipindahkan. Oleh karena itu, pemilihan oli juga harus disesuaikan dengan panduan di buku manual mobil.

  1. Menggunakan kopling dengan benar

Menyetel kopling terlebih dahulu sangat penting dilakukan pada mobil manual karena jarak pedal kopling yang terlalu tinggi dapat merenggangkan jarak pada kopling serta transmisi manual pada mobil. Hal ini menyebabkan perpindahan gigi pun terasa kasar dan berat. Selain itu, tidak meletakkan kaki saat kopling tidak digunakan juga dapat mengurangi kerusakan pada kopling.

  1. Memeriksa radiator coolant

Memeriksa radiator coolant adalah hal krusial yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Jika radiator coolant habis, maka mesin akan mengalami overheat.  Solusi yang harus dilakukan adalah dengan mengisinya kembali. Bahkan sangat dianjurkan untuk menguras dan mengganti radiator coolant saat sudah mencapai kilometer 1.000.

  1. Memeriksa timing belt

Timing belt bertugas untuk meneruskan putaran roda-roda gigi ke bagian dalam mesin. Kerusakan pada timing belt akan berdampak pada putusnya komponen tersebut sehingga komponen lainnya akan mengalami kerusakan. Suplay listrik pada akumulator juga tidak akan bekerja dengan maksimal. Maka timing belt pada mobil manual harus diperiksa secara rutin.

  1. Membersihkan filter karburasi

Filter karburasi sangat berguna untuk menyaring udara didalam mobil. Penting sekali untuk memastikan bahwa kondisinya selalu bersih. Maka hal yang harus dilakukan adalah melepas kotoran dan kerak yang menempel pada filter karburasi dengan sikat gigi.

  1. Menggunakan spare part berkualitas

Pemilik mobil tidak seharusnya tergiur dengan spare part harga miring. Kualitas lah yang harus didahulukan oleh pemilik mobil. Hal itu dikarenakan menggunakan spare part ‘abal-abal’ akan berdampak pada kerusakan komponen lain. Oleh karenanya, penggunaan spare part sesuai panduan di buku manual mobil harus benar-benar diterapkan.

Setelah cara-cara diatas sudah diterapkan, cara mengemudi yang baik juga harus diperhatikan. Perawatan secara rutin di bengkel atau service center terpercaya pun tak kalah dibutuhkan. Semuanya dilakukan untuk menjaga mobil manual kesayangan tetap dalam kondisi baik.

Social media :

Leave a Reply