Begini Cara Mengemudi di Tanjakan Saat Macet

June 11, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Pengendara harus menerapkan cara mengemudi di tanjakan dan kemacetan dengan benar.

Kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak perbukitan membuat pengemudi tak bisa mengelak untuk melewati tanjakan. Tantangan terberatnya adalah melewati tanjakan yang kondisinya sedang dalam keadaan macet. Pengemudi pun otomatis membutuhkan tenaga ekstra untuk melewatinya. Apalagi di situasi macet dimana banyak pengemudi kehilangan kesabaran, pengemudi akan gegabah dalam berkendara. Hal semacam ini harus dihindari dengan menerapkan tehnik mudah mengemudi di tanjakan saat macet:

Untuk mobil manual

  • Menggunakan gigi 1 atau 2 dan menggunakan rem tangan dengan baik.
  • Memberhentikan laju mobil di tanjakan yang tidak terlalu curam menggunakan rem tangan atau rem kaki.
  • Menggunakan rem setengah kopling untuk durasi waktu berhenti yang cukup singkat di tanjakan yang tidak terlalu tinggi.

Untuk mobil matik

  • Memberhentikan laju mobil dengan menahan rem.
  • Tidak membiarkan tuas transmisi ada di posisi D dengan memindahkan tuas ke posisi L untuk tanjakan yang sangat curam atau 2.
  • Menginjak setengah penuh pedal gas lalu berjalan perlahan untuk berhenti sejenak saat mobil tidak memungkinkan untuk terus naik.
  • Menginjak gas, lalu rem, gas, lalu rem, dan seterusnya saat mobil sudah bisa berjalan perlahan.

Sebelum mendapati tanjakan yang curam saat berkendara dan harus terjebak macet di tanjakan tersebut, maka sebaiknya pengemudi mempersiapkan diri dengan mempraktikkan langkah-langkah sederhana mengemudi di tanajakan agar tidak canggung saat benar-benar menghadapinya. Selain itu, pikiran yang tenang tanpa panik saat menghadapi situasi tersebut juga merupakan kunci agar tetap stabil dalam mengemudi dalam kondisi apapun.

Social media :

Leave a Reply