Beberapa Kesalahan Wanita yang Paling Sering Dilakukan Saat Mengemudi Mobil

June 2, 2019
Ditulis oleh: Redaksi Harris Mobil

Surabaya - Beberapa hal ini membuat wanita rentan terhadap kecelakaan lalu lintas.

Dunia otomotif adalah hal yang paling identik dengan kaum adam. Namun ketika zaman sudah berganti, sedikit demi sedikit wanita mulai memasuki dunia yang biasanya didominasi oleh para pria. Hal yang paling sederhana adalah banyaknya ditemukan wanita yang mengemudi kendaraannya sendiri seperti speda motor dan mobil. Ada beberapa dari mereka yang menjadi sangat handal dalam mengemudi namun banyak juga ditemukan masih adanya wanita yang mengemudi dengan asal-asalan. Hal itu tentu saja akan mengganggu pengendara lain, bahkan membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain. Oleh karenanya, para wanita harus menyadari bahwa beberapa kesalahan dibawah ini sering dilakukan saat mengemudi:

  1. Kurang fokus

Wanita dinilai lebih sulit berkonsentrasi dibanding pria. Bahkan, wanita lebih lamban merespon kejadian mendadak atau bahaya yang terjadi di jalan. Banyak wanita diketahui gemar melakukan aktifitas lain saat mengemudi seperti berhias, berbicra dengan orang lain, dan bercermin. Tentu hal ini sangat mengganggu fokus berkendara, apalagi jika si wanita memakai pakaian yang tidak membuatnya nyaman saat mengemudi.

  1. Tidak begitu memahami rambu-rambu lalu lintas

Bentuk rambu-rambu lalu lintas yang dinilai kadang serupa dan jumlahnya yang sangat banyak adalah kendala wanita memahaminya. Ini yang sering menjadi kesulitan para wanita sehingga mereka bisa melakukan hal-hal yang berlainan dengan rambu-rambu lalu lintas atau mengabaikan rambu-rambu tersebut. Akibatnya, pengendara lain di jalan akan terkena imbas buruk dari cara mengemudi wnita ini.

  1. Panik Saat mobil mogok

Panik memang lumrah dialami oleh manusia saat mengahadapi kejadian buruk dengan tiba-tiba, namun panik berlebihan membuat sulit berpikir jernih dan mencari solusi dari sebuah permasalahan. Panik juga membuat orang akan mengabaikan keselamatan diri. Hal itu sering dialami para wanita saat mendapati mobilnya mogok ditengah jalan. Saat mogok, mereka biasanya tidak segera melipir ke pinggir jalan dan mengunci mobil untuk melihat permasalahan yang terjadi pada mobilnya.

  1. Memakai high heels

Tak hanya memakai pakaian yang membuat tidak fokus, wanita juga kerap memakai high heels saat mengemudi. Padahal, permukaan high heel tidak mendukung dalam pemaksimalan menginjak pedal. Ini dinilai berbahaya karena pengemudi tidak bisa menginjak pedal dengan akurat, apalagi jika diharuskan menginjak dengan tiba-tiba karena ada kejadian berbahaya mendadak yang terjadi di jalan.

Selain saat megemudi, wanita didapati tidak memiliki kemampuan yang baik dalam memarkir mobil. Tidak dapat dipungkiri bahwa wanita rentan terkena kecelakaan lalu lintas karena kelalaian-kelalaiannya saat mengemudi. Namun, hal itu tentu tidak patut dibiarkan lebih lama. Wanita juga harus membekali diri dengan pengetahuan-pengetahuan mengenai cara berkendara yang aman.

Social media :

Leave a Reply